Tips Mengendarai Mobil Secara Aman dan Nyaman Dalam Perjalanan Jauh

Ketika kita diingatkan untuk mengemudi mobil dengan aman, banyak dari kita yang tidak selalu mematuhi apa yang kita pelajari. Mungkin kita sering melakukan mengambil beberapa kebiasaan buruk atau hanya lupa apa yang kita pelajari ketika kita pertama kali lulus tes ujian SIM mengemudi oleh pihak kepolisian. Inilah sebabnya mengapa sangat diperlukan sebuah kampanye untuk mengingatkan para pengemudi agar selalu berkendaran dengan aman dan tertib yang merupakan teknik atau keterampilan dasar dalam mengemudikan kendaraan di jalan raya. Berikut adalah beberapa tips keselamatan penting yang dapat anda gunakan untuk menyegarkan kembali tentang pentingnya keselamatan berkendara di jalan.


Perlu kita ingat bahwa keselamatan di jalan raya pertama kali dimulai dari dalam kendaraan. Pertama selalu pastikan bahwa semua penumpang di dalam mobil menggunakan sabuk pengaman. Juga pastikan bahwa anak-anak dan hewan peliharaan yang ikut di dalamnya aman dengan memanfaatkan kursi keselamatan masing-masing. Sekarang ini, kita dapat menemukan banyak sekali aksesoris untuk kursi anak-anak maupun hewan peliharaan yang dijual di toko aksesoris mobil, yang bisa menjaga anak-anak dan hewan peliharaan kita agar tidak mengganggun anda saat mengemudi.

Selanjutnya, ketika akan berpergian dengan mobil sebaiknya anda harus mengisi minimal sepertiga atau penuh dari kapasitas tanki bahan bakar yang tersedia pada mobil anda. Dengan cara ini kita tidak perlu khawatir kehabisan bensin di tengah jalan.

Tips lainnya yaitu berkaitan dengan sistem navigasi dan pemetaan. Saat ini banyak mobil-mobil baru yang sudah memiliki alat GPS untuk membuat perjalanan menuju suatu tempat semakin mudah, tetapi alangkah lebih baiknya jika kita melengkapinya dengan membawa peta sendiri yang berasal dari para penerbit lokal, karena biasanya peta yang ada di dalam gps belum memuat secara lengkap daerah-daerah yang termasuk goolngan kota kecil atau daerah terpencil.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa hal-hal berikut wajib ada di dalam mobil anda, yaitu beberapa perlengkapan keselamatan utama, termasuk senter, kotak P3K, selimut, air, makanan serta obat-abatan darurat. Di daerah dingin, pastikan untuk berkemas denngan tambahan selimut dan pakaian yang lebih hangat.

Membawa baterai charger portabel adalah hal yang sangat berguna untuk berkomunikasi dengan ponsel anda. Ketika baterai ponsel habis,  pengisi daya baterai portabel ini dapat memberikan kita tambahan beberapa menit ekstra ketika anda memerlukan panggilan untuk meminta bantuan dalam situasi darurat. 

Jika dilihat lagi beberapa pedoman dalam berkendara secara aman, ada sejumlah aturan keselamatan harus kita ikuti untuk membuat anda dan penumpang merasa aman. Salah satunya yaitu ketika anda memarkir kendaraan dari jalan yang jauh dari lalu lintas keramaian, cobalah untuk tetap tinggal di dalam kendaraan dan menjaga jendela dan pintu tetap terkunci. Jika ada gangguan mesin yang menyebakan mobil anda mogok berilah tanda dengan lampu hazard. Hal ini akan mengingatkan orang yang lewat bahwa anda sedang berada dalam kesulitan. Anda juga dapat mengikat kain putih atau kain untuk antena atau gagang pintu.

Jika anda menemukan puing-puing berserakan di jalan raya, ingat bahwa jika masih memungkinkan kadang-kadang lebih baik untuk menerobosnya daripada mencoba untuk menghindar ke bagian samping jalan di sekitarnya, terutama pada saat anda berkendara dalam kecepatan yang tinggi.

Nah itulah beberapa tips mengendarai mobil secara aman dan nyaman dalam perjalanan jauh, semoga bermanfaat :)

0 Response to " Tips Mengendarai Mobil Secara Aman dan Nyaman Dalam Perjalanan Jauh "

Post a Comment