Tips dan Trik Melakukan Restorasi Mobil Antik dan Klasik

Apakah anda memiliki mobil tua yang sudah berkarat? mobil yang sudah tidak terpakai hanya akan memenuhi ruangan ekstra di rumah anda. Mungkin sebaiknya mobil usang ini anda buang atau dijual sebagaimana mestinya, sehingga Anda dapat menyingkirkan masalah dalam merawat dan menampungnya di rumah. Biasanya ada sebagian orang yang secara sukarela akan menampung mobil ini dari tangan anda dan akan memberikan kompensasi dalam bentuk uang tunai sebagai imbalannya. Mereka tidak terlalu peduli dengan apa merek dan bentuk mobil anda, karena biasanya mereka akan mengambil bagian-bagian yang masih terpakai dan bisa dimanfaatkan untuk mobil lain, kalo pun tidak biasanya mereka menjual bahan-bahan yang terbuat dari besi atau plastik pada beberapa bagian mobil yang sudah rusak. Dengan ini anda bisa mendapatkan uang tambahan baik untuk tambahan membeli mobil baru atau mendandani mobil yang sudah ada.

Namun jika mobil tua anda termasuk mobil antik yang mempunyai pasar yang bagus,  kenapa anda tidak berpikir untuk melakukan restorasi menjadi mobil klasik? Bila Anda memiliki mobil yang dianggap klasik Anda bisa membawanya ke sebuah bengkel yang profesional untuk dipulihkan kembali seperti kondisi semula sesuai dengan spesifikasi awal dari pabriknya. Proses ini melibatkan lebih dari sekedar pekerjaan pengecatan baru, yang menyiratkan bahwa mobil tersebut sedang dikembalikan kepada kondisi aslinya, seperti ketika mobil tersebut baru menginjak lantai showroom untuk dipajang. Namun anda harus benar-benar memilih bengkel auto body repair yang benar-benar bagus pekerjaannya karena tidak semua bengkel bodi mobil dilengkapi peralatan yang baik dan bisa menangani pekerjaan restorasi yang benar.

Apa itu Restorasi Mobil Klasik?

Menurut American Classic Car Club sebuah mobil klasik didefinisikan sebagai kendaraan yang telah berusia antara 30 hingga 49 tahun, sementara untuk yang berumur 50 sampai 99 tahun dianggap sebagai mobil pra-antik dan yang telah berusia 100 tahun lebih, baru disebut sebagai mobil antik. Organisasi mobil lain memiliki kriteria yang berbeda, sementara beberapa negara menganggap bahwa sebuah kendaraan bisa dikatakan sebagai mobil klasik setelah berusia 20 atau 25 tahun untuk tujuan lisensi. Tidak semua mobil tua memenuhi definisi "mobil klasik." Hal yang penting untuk bisa dikategorikan sebagai mobil klasik adalah bahwa kondisi mobil tersebut masih dalam keadaan normal atau bisa dioperasikan artinya mesinnya masih berfungsi dengan baik dan secara keseluruhan bodinya masih utuh atau lengkap dengan bentuk yang masih sesuai dengan aslinya. Ketika anda berencana melakukan restorasi sebuah mobil klasik pastikan bengkel yang akan menangani pekerjaan memulihkan mobil tersebut memiliki standar pekerjaan dengan desain yang halus, standar teknik tinggi, dan pengerjaan yang unggul. Walaupun sering dikonpensasikan dengan biaya yang mahal yang dihitung berdasarkan biaya bongkar pasang bagian-bagian mesin, pintu, kaca, bagasi, interior dan pekerjaan bagian-bagian tambahan dan pemasangan aksesoris mewah lainnya. 



Restorasi Mobil Antik

Apakah restorasi benar-benar sesuatu yang Anda inginkan atau Anda butuhkan?

Restorasi berarti bahwa auto body shop mungkin perlu untuk membedah mobil menjadi bagian yang terpisah-pisah untuk memeriksa kondisi komponen apakah masih baik dan berfungsi serta memperbaharui dengan suku cadang asli jika menemukan bagian-bagian yang telah rusak ataupun sudah aus kekuatannya dan memasangnya kembali dengan cara yang otentik sesuai dengan buku petunjuk manual. Jika mobil diperbaharui atau kembali dibuat agar terlihat lebih mewah seperti model edisi terbatas, pekerjaan tersebut tidak dianggap sebagai pekerjaan restorasi. Biasanya, alasan bahwa orang melakukan restorasi adalah untuk menciptakan sesuatu yang berharga untuk dijual atau untuk masuk dalam pameran mobil.

Tidak setiap mobil adalah subjek yang baik untuk di restorasi. Faktanya adalah, banyak mobil tua yang hanya seperti itu ya sebatas mobil tua saja. Misalkan anda mungkin ingin memperbaharui dan memiliki salah satu mobil tua kemudian dicat dan didandani untuk anak anda, tetapi mungkin mobil tersebut tidak dianggap sebagai mobil klasik. Bila anda sedang mencari sebuah bengkel bodi repair untuk mengerjakan mobil tua anda, sebelumnya anda harus menentukan tujuan yang jelas dan memilih bengkel yang tepat. Kapan saja anda bisa menggunakan uang gaji untuk membayar pekerjaan yang dilakukan pada mobil yang sedang anda restorasi, tapi tentunya anda ingin bengkel tersebut melakukan pekerjaan yang sangat baik. Namun, standar untuk mengecat mobil tua yang anda cintai akan berbeda dibandingkan jika anda memiliki mobil yang memenuhi definisi klasik dan juga anda berniat untuk menggunakannya sebagai mobil klasik. Seperti misalnya ketika anda memiliki Chevrolet keluaran tahun 1947 Chevy tentu tidak sama rasanya dengan memiliki Cadillac Seri 90 Tahun 1947.

Dapatkah Body Shop Menangani Restorasi Mobil Klasik ?

Banyak bengkel body repair yang membual bahwa mereka bisa melakukan pekerjaan kustom untuk sebuah mobil klasik. Jika anda memiliki mobil klasik sejati, anda harus mengetahui standar pengetahuan yang lebih tinggi mengenai pengertian mobil klasik itu sendiri untuk memastikan bahwa mobil yang Anda memiliki merupakan sebuah produk yang sangat layak dihargai dengan nilai yang lebih tinggi. Oleh karena itu sebaiknya anda perlu mengajukan beberapa pertanyaan secara khusus kepada bengkel yang akan menangani restorasi mobil klasik anda, mengenai hal-hal berikut ini: 
  • Apa yang mereka anggap sebagai mobil klasik?
  • Mobil klasik apa yang telah berhasil mereka restorasi?
  • Jaminan apa yang mereka tawarkan bahwa bagian-bagian yang mereka gunakan adalah asli?
Jika anda telah menemukan bengkel yang sangat baik dengan track record yang telah teruji dalam membuat mobil tua menjadi berguna dan menarik seperti pengalamannya yang berhasil memulihkan sebuah Alfa Romeo atau BMW 335 itu bisa dijadikan pilihan yang bagus. Namun bila mobil anda lebih tua dari itu mungkin anda perlu menemukan bengkel yang mengkhususkan diri dalam jenis restorasi mobil klasik yang sesuai denga yang anda butuhkan.