Manfaat Jeruk Nipis dan Khasiatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk nipis atau yang dalam bahasa latin disebut Citrus Aurantifolia sudah sejak lama digunakan manusia untuk berbagai keperluan dalam hidupnya. Buah ini berbentuk sedikit lonjong dengan ukuran lebih kecil dari jeruk yang biasa kita makan. Rasa buah jeruk yang asam sangat identik dengan kandungan vitamin C-nya, namun buah jeruk nipis ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih dari jenis jeruk lainnya. Selain itu jeruk nipis mengandung beberapa zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia seperti mineral, karbohidrat, zat besi, sulfur, kalsium, fosfor, asam amino, glikosida, Vitamin A, B1 dan sebagainya. Dengan kandungan zat-zat tersebut banyak sekali manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh kita yang sangat berguna sekali bila kita mengetahuinya.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali sari dari jeruk nipis ini yang biasa kita gunakan, baik dalam cairan pencuci piring, minuman penyegar, penyedap masakan/sambal, dan lain-lain. Selain untuk kesehatan, ternyata air jeruk nipis juga bisa digunakan untuk membersihkan karat pada peralatan yang terbuat dari besi atau stainless steel. 

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Setelah melalui berbagai macam penelitian oleh para ahli kesehatan, sebagai salah satu herbal alami jeruk nipis banyak sekali mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia, berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis dan cara pengolahannya untuk digunakan sebagai obat maupun menjaga kesehatan tubuh. 

1. Mengobati Batuk

Mungkin sudah banyak orang yang menggunakan jeruk nipis ini untuk mengobati batuk, biasanya dengan cara mencampur air hasil perasannya dengan kecap atau madu dan sedikit garam. Setelah diaduk sampai rata kemudian bisa diminum sebanyak 2 (dua) - 3 (tiga) kali sehari sampai batuknya hilang.

2.  Mengobati Wasir atau Ambeien

Untuk mengobati penyakit ini bahan yang digunakan adalah akar dari pohon jeruk nipis, setelah dicuci bersih kemudian direbus dengan 1 (satu) liter air bersih untuk setiap 10 (sepuluh) gram akar jeruk nipis lalu saring dan minum air tersebut pada waktu hangat sebanyak 3 kali sehari secara rutin.

3.  Mengobati Demam yang disertai Influenza

Ada dua cara yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit ini, cara yang pertama anda bisa gunakan satu buah jeruk nipis yang telah dicuci dan diperas lalu tambahkan 3 (tiga) siung bawang merah yang telah dihaluskan dan satu sendok makan minyak kelapa alami lalu aduk sampai merata dan oleskan pada kening orang yang sedang mengalami demam tersebut. Cara yang kedua anda bisa gunakan satu buah jeruk nipis yang dipanggang dalam waktu sekitar 2 (dua) - 3 (tiga) menit lalu diperas airnya dan tambahkan satu sendok makan madu, kemudian diminum sekaligus.

4. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Bagi anda seorang perokok berat yang sedang mencari cara untuk berhenti menghisap tembakau beracun ini, mungkin anda patut mencoba cara yang satu ini. Irislah satu butir jeruk nipis kemudian hisaplah irisan jeruk nipis tersebut melalui hidung anda lalu minumlah air putih secukupnya. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari.

5. Mengobati Penyakit Batu Ginjal dan Mencegah Kekambuhan Pasca Operasi Batu Ginjal

Dengan kandungan asam sitratnya jeruk nipis bisa diolah untuk mengobati penyakit ini. Anda hanya perlu air perasan 2 (dua) butir jeruk nipis yang dicampur dengan 2 (dua) gelas air hangat, kemudian meminumnya setiap selesai makan malam selama 10 (sepuluh ) hari berturut-turut.

6. Mengobati Pegal Linu 

Setelah melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan seharian, badan kita kadang-kadang terasa letih bahkan sebagian otot kita merasa pegal dan linu. Untuk mengobati hal ini anda bisa membuat ramuan yang terdiri dari daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, daun sambiloto masing-masing sebanyak -/+ 10 (sepuluh) gram, lalu tambahkan 10 (sepuluh) lembar daun sirih, 2 (dua) jari akar kepayang, 3 (tiga) jari akar kelor, 2 (dua) jari akar pepaya, 10 (sepuluh) buah cabe rawit. Semua bahan tersebut kemudian ditumbuk sampai halus, lalu direndam dalam satu liter alkohol selama seminggu, setelah itu ambil air hasil rendaman tersebut lalu gunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang terasa pegal dan linu.

7. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Salah satu cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan membuat ramuan dari pohon jeruk nipis seperti berikut ini, ambil 20 (duapuluh) kuntum bunga dan 30 (tigapuluh) lembar daun jeruk nipis lalu cuci sampai bersih kemudian tambahkan air perasan dua buah jeruk nipis. Setelah itu rebuslah bahan-bahan tadi ke dalam 3 (tiga) gelas air bersih sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi kira-kira dua perempat gelas. Tunngulah sampai dingin kemudian saringlah ramuan itu hingga mendapatkan air yang jernih dan minumlah air tersebut sebanyak 3 (tiga) kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas sekali minum.

8. Mengobati Sakit Gigi

Semua orang akan sangat tersiksa dengan penyakit ini, selain mengganggu proses makan juga banyak mengganggu saraf lainnya yang ada di kepala kita. Sebelum anda memeriksanya ke dokter gigi, anda bisa mencoba cara alami dengan jeruk nipis untuk mengobatinya. Sediakan akar kecubung hitam dan akar legetan warak lalu giling hingga mendapatkan satu sendok makan serbuknya lalu campurkan dengan -/+ 20 (duapuluh) ml air jeruk nipis. Kemudian tambahkan tiga perempat cangkir air garam dan aduk sampai merata, lalu peras dan saring ramuan tersebut. Gunakan air hasil saringan tersebut untuk berkumur selama beberapa menit, lakukan hal ini 4 (empat) sampai 6 (enam) kali dalam sehari.

9. Mengobati Sariawan dan Panas Dalam

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi jeruk nipis sudah dikenal sebagai obat pencegah sariawan dan panas dalam, caranya sangat sederhana sekali anda hanya perlu meminum air hasil perasannya atau bisa dibikin jus maupun mencampurkannya dengan teh kesukaan anda. Untuk anda yang mempunyai masalah dengan bau mulut, ini bisa dihilangkan dengan cara rutin berkumur setiap hari dengan menggunakan air jeruk nipis.

10. Menambah Stamina dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

Setiap orang perlu menjaga stamina tubuhnya agar tetap fit dan segar sehingga bisa terus beraktivitas dan tidak mudah terserang berbagai penyakit. Selain dengan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan berolahraga secara teratur, anda bisa mencoba ramuan dari jeruk nipis seperti berikut ini. Ambil sebutir kuning telur ayam kampung dan campurkan dengan air perasan satu buah jeruk nipis lalu tambahkan sedikit irisan gula merah asli, aduk sampai merata lalu minum sekali dalam seminggu.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Sudah menjadi kodrat dan sifat alami bagi setiap wanita di dunia ini bahwa mereka selalu ingin tampil cantik di hadapan semua orang. Wanita selalu mencari cara agar dirinya bisa tampil lebih cantik alami, salah satu nya mereka banyak mencari informasi mengenai manfaat jeruk nipis untuk kecantikan terutama untuk beberapa bagian seperti wajah, perut, kulit maupun rambut. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi mengenai beberapa cara pengolahan jeruk nipis dan manfaatnya untuk kecantikan anda.



1. Menghindari Perut Keriput dan Menjaganya Tetap Halus dan Langsing

Untuk perempuan yang baru melahirkan tentu ingin tubuhnya kembali seperti sedia kala, terutama bagian perut yang biasanya mengalami perubahan karena proses kehamilan dan melahirkan. Untuk mengembalikan perut menjadi langsing dan kencang kembali, anda bisa membuat ramuan 2 (dua) buah air perasan jeruk nipis dicampur dengan 2 (dua) sendok makan kayu putih ditambah satu sendok makan kapur sirih, kemudian aduk sampai rata lalu taburkan ramuan ini di bagian perut anda. Lakukan hal ini setiap habis mandi dalam waktu 3 (tiga) bulan berturut-turut.

2. Menghilangkan Jerawat dan Mengencangkan Kulit Wajah

Munculnya jerawat di sekitar wajah tentu sangat mengganggu penampilan anda. Hal ini sering disebabkan oleh bakteri yang menempel pada kulit wajah yang tidak segera dibersihkan. Apalagi pada kulit wajah yang berminyak, bakteri sangat mudah sekali berkembang menimbulkan jerawat. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menggunakan jeruk nipis yang telah diparut sebagai masker untuk perawatan wajah, selain dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi kadar minyak pada kulit kandungan antioksidan dan vitamin C dari jeruk nipis ini juga mampu menjaga kekencangan dan mencerahkan kulit wajah karena akan mepercepat proses pembaharuan sel-sel kulit yang mati sehingga kulit wajah anda akan selalu tampak lebih halus dan segar.

3. Menyuburkan Rambut 

Mempunyai rambut lebat, sehat dan mengkilap sangat diidam-idamkan oleh setiap wanita, karena rambut adalah mahkota yang paling berharga bagi semua perempuan. Tidak ada salahnya anda mencoba cara alami yang satu ini untuk menyuburkan rambut anda. Peras 3 (tiga) butir jeruk nipis dan ambil airnya, lalu kocok dengan sebutir kuning telur ayam kampung hingga merata. Kemudian gosokkan cairan tersebut pada kulit kepala sambil dipijit-pijit sampai merata dan biarkan selama 2 (dua) jam lalu bilas dan keramas dengan menggunakan sampo merang. Untuk membuat sampo merangnya yaitu dengan cara membakar satu ikat merang sampai menjadi arang kemudian rendam dalam air semalaman.

4. Mencegah Rambut Rontok dan Berketombe

Untuk mencegah rambut rontok dan berketombe anda bisa memotong 2 (dua) buah jeruk nipis masing-masing menjadi tiga bagian lalu oleskan secara merata pada kulit kepala. Kemudian bungkus kepala anda dengan handuk dan biarkan semalaman, lalu keramas esok harinya. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

5. Menghilangkan Bau Badan 

Anda tentu tidak ingin mempunyai masalah dengan yang satu ini, untuk menjaga kesegaran tubuh dan mencegah hal ini bisa dilakukan dengan cara memotong sebuah jeruk nipis yang berukuran agak besar menjadi dua bagian, lalu olesi masing-masing bagian tersebut dengan kapur sirih secara tipis. Setelah itu oleskan ke bagian ketiak setelah mandi dan biarkan selama 5 (lima) menit lalu bilas, lakukan hal ini setiap habis mandi pagi dan sore.

6. Melangsingkan Badan

Jeruk nipis sangat baik dalam membantu proses pencernaan makanan, yaitu dengan mempercepat proses pengosongan lambung karena mengandung polisakarida non-pati atau yang lebih dikenal sebagai serat makanan. Dengan adanya zat ini perut kita tidak mudah terasa lapar serta bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Tidak hanya itu dengan kandungan zat saponin pada jeruk nipis ini bisa mengecilkan lemak di dalam tubuh, hal ini sama cara kerjanya dengan cairan pencuci piring yang menggunakan sari jeruk nipis untuk membersihkan piring-piring yang kotor karena lemak. Oleh karena itu jeruk nipis ini sangat baik dikonsumsi bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badannya agar tampil lebih langsing. Adapun caranya sangat sederhana, yaitu dengan memeras dua butir jeruk nipis berukuran sedang, kemudian ambil air perasannya lalu tambah dengan air putih sebanyak 200ml, aduk sampai rata dan langsung anda minum.  Hal ini bisa dilakukan dua kali dalam sehari yaitu pada waktu pagi dan malam hari sebelum makan. Namun sebaiknya anda tidak melakukan hal ini setiap hari, berilah jeda selama satu hari dan perbanyaklah minum air putih untuk membantu melarutkan lemak tidak terpakai dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, kecantikan, wajah, kulit dan rambut yang bisa saya informasikan untuk anda, semoga dengan artikel ini anda bisa mengambil manfaat terbaik yang bisa anda gunakan dalam menjalankan pola hidup sehat secara alami dalam kehidupan anda. Terima kasih :)




0 Response to " Manfaat Jeruk Nipis dan Khasiatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan "

Post a Comment